Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

Hay gan 😀 , hari ini tekjar kaltim akan membahas tentang salah satu protokol jaringan, yaitu TCP/IP. Pasti ada yang belum tau kan apa itu TCP/IP?

marikita baca postingan ini, Cekidot 😀

›Transmission Control Protocol/Internet Protocol

›TCP/IP Merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. ›Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).› TCP/IP menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

bbbbbb

 

Cara Kerja TCP/IP
a).  Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dalam suatu jaringan yang terdiri dari banyak komputer, dibutuhkan alamat tujuan dan perantara untuk memindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara aman dan langsung.

b). Internet menggunakan protokol untuk menjamin sampainya data secara aman di tempat tujuan.

c). Saat seorang pengguna Internet mengirim sekelompok teks ke mesin lain, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga komputer penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. IP menambahkan label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.

d). Deretan paket-paket TCP/IP berjalan menuju tujuan yang sama dengan menggunakan berbagai jalur yang berbeda. Sebuah perangkat khusus yang disebut router dipasang di titik persimpangan antar jaringan dan memutuskan jalur mana yang paling efisien yang menjadi langkah berikut dari sebuah paket. Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet dengan membagi beban, sehingga menghindari kelebihan beban pada suatu bagian dari sistem yang ada.

e). Saat paket-paket TCP/IP tiba di tempat tujuannya, komputer akan membuka label alamat IP lalu menggunakan daftar pengiriman yang ada pada paket TCP untuk memeriksa apakah ada kerusakan paket yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tsb menjadi susunan teks seperti aslinya. Saat komputer penerima menemukan paket yang rusak, komputer tsb akan meminta komputer pengirim untuk mengirim salinan baru dari paket yang rusak.

f). Sebuah perangkat khusus yang disebut gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horison elektronik untuk berkomunikasi dengan Internet menggunakan TCP/IP. Gateway menerjemahkan protokol asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya.

g). Bagi seorang pemakai, Internet hadir seperti jaringan global raksasa yang tidak terbatas, yang langsung merespon jika diminta. Komputer, gateway, router, dan protokol yang membuat ilusi ini bekerja.

Mungkin sampai disini postingan tentang TCP/IP, 😀 thank’s udah mampir 😀

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

5 Balasan ke Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

  1. IrfanNaufal berkata:

    oke super sekali semoga bermanfaat bagi saya

    Suka

  2. lukmanfaruk berkata:

    Tambahkan gambar sebagai pendukung penjelasannya, sehingga pembaca lebih mudah untuk memahami

    Suka

  3. Ping balik: Daftar Tugas Pak Lukman Faruk, ST | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

  4. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komunikasi Data | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar