Sistem Komputer Minimal (Mikrokontroler)

Oke, kembali lagi bersama Tekjar kaltim 😀 Pada post ini saya akan membahas sekilas tentang Sistem Komputer Minimal (mikrokontroler). Mungkin ada yang belum tau sebenarnya mikrokontroler itu apa sih? yuk, kita lihat Postingan berikut ini 😀 Selamat Membaca 😀

A. Penjelasan Mikrokontroler

Mikrokontroler merupakan sebuah sistem komputer yang seluruh atau sebagian besar elemennya dikemas (kalo gak tau dikemas, dibungkus gan) dalam satu  chip IC, sehingga sering disebut single chip microcomputer. Mikrokontroler adalah sebuah system microprocessor  dimana didalamnya sudah terdapat CPU, ROM, RAM, I/O, Clock dan peralatan internal lainny, yang saling terhubung dengan baik oleh pabrik pembuatnya dan dikemas dalam satu chip yang siap digunakan.

B. Jenis-jenis Mikrokontroller

Lanjut gan, disini ada jenis-jenis Mikrokontroler diantaranya:

1. Keluarga MCS51

Mikrokonktroler ini masih satu keluarga dengan mikrokonktroler CISC. Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokontroler ini berdasarkan arsitektur Harvard dan meskipun pada awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokontroler chip tunggal, sebuah mode perluasan telah mengizinkan sebuah ROM luar 64KB dan RAM luar 64KB diberikan alamat dengan cara jalur pemilihan chip yang terpisah untuk akses program dan memori data.

2. AVR

Mikrokonktroler Alv and Vegard’s Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling sering dipakai dalam bidang elektronika dan instrumentasi.

3. PIC

Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. Karena perkembangannya kependekannya berubah menjadi Programmable Intelligent Computer.

Mungkin itu saja yang dapat saya post tentang Sistem Komputer Minimal (Mikrokontroler) 😀 Thanks udah mampir kesini 😀

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

5 Balasan ke Sistem Komputer Minimal (Mikrokontroler)

  1. elqadri berkata:

    ooh seperti itu, jadi jenis jenis mikrokontroler itu terdiri dari, Keluarga MCS51, AVR dan PIC. sekarrang saya sudah agak mengerti sedikit, makasih yaa.

    Suka

  2. lukmanfaruk berkata:

    Tugasnya sudah benar, header wordpressnya juga sudah ok

    Suka

  3. Ping balik: Daftar Tugas Pak Lukman Faruk, ST | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

  4. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komputer Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar