Praktek UTS Sistem Komputer Minimal

Robot Line Follower

Robot line follower adalah sebuah robot yang dapat mengikuti sebuah jalur contohnya jalur hitam di atas arena yang berwarna putih. Robot dapat mengikuti jalur karena terdapat perbedaan pembacaan sensor saat berada di atas jalur hitam dan saat sensor berada diatas arena putih.

Robot ini saya beli di PT.Robotika Indonesia Solo, karena saya sendiri masih belum tahu ilmu robotik nya 😀 , Robot ini saya beli pada tanggal 20 September 2014 dengan harga Rp.875.ooo,00 , dan dikirim dari solo pada tanggal 27 september 2014, dan sampai dirumah saya pada tanggal 28 september 😀 . Pada hari kamis tanggal 9 oktober tepat nya dirumah teman kami (Erik Alqadri), robot ini kami rakit kembali untuk dokumentasi, dan seluruh kegiatan tersebut dihadiri oleh teman-teman sekelas.

Pada robot ini saya menggunakan IC (Integrated Circuit) bukan Mikrokontroller. Sebenarnya fungsi dari IC dan Mikrokontoller ini sama saja, akan tetapi pada mikrokontroller terdapat tambahan fitur yang dapat membuat robot mengikuti jalur sesuai dengan program yang dibuat, dan tentunya Mikrokontroller ini sangat bagus untuk robot line follower.

Dalam penggunaan mikrokontroller pada robot line follower, mikrokontroller harus diisi suatu program, program ini yang membuat robot line dapat mengikuti jalur tertentu. Untuk mengisi program pada mikrokontroller yaitu dengan cara menghubungkan mikrokontroller pada komputer, tentunya ada alat bantu untuk menghubungkannya dan pastinya ada software untuk membuat program dan memasukkan program tersebut.

Dibawah ini adalah perbedaan penggunaan IC dengan Mikrokontroller.

Perbedaan Penggunaan IC dan Mikrokontroller pada Robot Line Follower

No
Robot Line Follower
Perbedaan
Tanpa program
Dengan Program
1
Biaya Pembuatan
Murah
Lebih mahal
2
Pengendalian
Tanpa bahasa pemrograman
Dengan bahasa pemrograman
4
Komponen pengendali
IC transistor / IC linier yang berisi gerbang logika (AND, NAND, OR NOR, XOR NOT)
IC Microkontroler
5
Kecepat Gerak
Kecepatan geraknya konstan, sulit di kendalikan
Kecepatan geraknya dapat dikendaliakan melalui program

ya, bisa dikatakan bahwa robot yang menggunakan Mikrokontroller lebih mudah dikendalikan dengan kecepatan yang cepat sekalipun.

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat Robot Line Follower:

1. 1buah mainboard

foto0016 foto0016

Mainboard ini terdiri dari beberapa komponen yang sudah digabungkan seperti trimpot pengatur kecepatan dan trimpot pengatur sensor, ada juga IC yang berfungsi sebagai jantung pada suatu rangkaian. Karena IC-lah yang mengatur tegangan input dan out put serta mengatur kerja dari setiap blok rangkaian dengan membagi tugas masing-masing blok rangkaian tertentu.

2. 2buah sensor pembaca garis (LED dan Photodioda)

foto0015

LED adalah singkatan dari Light Emiting Dioda, yakni merupakan komponen lain dari dioda yang dapat mengeluarkan cahaya.

Sedangkan Photodioda adalah jenis dioda yang berfungsi mendeteksi cahaya. Komponen elektronika ini akan mengubah cahaya menjadi arus listrik, yang kemudian arus listrik ini akan disalurkan menuju IC yang selanjutnya akan dilanjutkan ke motor – motor DC.

3. 2buah motor DC berkecepatan tinggi

foto0018

Motor DC ini berfungsi untuk menggerakan roda agar bisa berjalan.

4. 2buah ban khusus kompetisi (Anti Selip)

foto0017

Nah, ban yang digunakan pada robot ini yaitu ban anti selip, ban ini sangat cocok digunakan pada jalur yang memiliki tikungan yang tajam.

5. Trimpot pengatur kecepatan

foto0016

Trimpot ini berfungsi untuk mengatur kecepatan robot. Kecepatan ini harus diatur dengan kepekaan sensor, jika terlalu cepat kemungkinan akan keluar jalur.

6. Trimpot pengatur sensor

foto0016

dan Trimpot yang ini berfungsi untuk mengatur kepekaan sensor, biasanya kepekaan sensor didalam ruangan dengan diluar ruangan agak berbeda, tergantung cahaya nya.

7. Chasis

foto0019

Chasis ini berguna sebagai tempat penyimpanan komponen – komponen yang akan digunakan nantinya. Chasis ini juga sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja robot yang akan dibuat.

Tahapan-Tahapan Perakitan

1. Tahapan pertama yaitu memasang Motor DC pada roda, lalu memasang kabel penghubung, kemudian langsung dipasang pada chasis.

robot7

2. Tahapan kedua yaitu memasang sensor pembaca garis pada chasis yang  sebelumnya telah dipasang di PCB.

robot1  robot9

3. Tahapan ketiga yaitu memasang mainboard, pada robot yang saya rakit, mainboard nya saya pasang diatas motor DC. Kira-kira gambarnya seperti ini

robot12 robot5

4. Tahapan keempat yaitu memasang kabel untuk menghubungkan daya dari baterai

robot8 robot13 robot21 robot4

5. Tahapan yang kelima yaitu memasang baterai, Baterai yang digunakan untuk robot ini yaitu baterai lithium polymer dengan tegangan 6-9 Volt.

robot2 robot17

6. Dan terakhir adalah proses uji coba, proses ini sangatlah penting, sebelum robot line follower digunakan, alangkah baiknya diuji coba terlebih dahulu, agar pada saat penilaian tidak ada kesalahan sama sekali.

10689696_534111850056688_2246401736040799939_n 1011276_534111713390035_578972199733973126_n

ya, itulah tahapan-tahapan perakitan robot line follower semoga bermanfaat, dan ini beberapan gambar hasil dari perakitan yang belum dirapihkan.

robot3 robot10

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

6 Balasan ke Praktek UTS Sistem Komputer Minimal

  1. fiqriabi berkata:

    Ijin Sedot gan 😀 ?

    Suka

  2. fiqriabi berkata:

    tenang aja gan ane sisain ko gan 😀

    Suka

  3. lukmanfaruk berkata:

    oke, sudah baik jawabannya, selalu mencoba agar penngetahuan dan skill smakin meningkat

    Suka

  4. Ping balik: Daftar Tugas Pak Lukman Faruk, ST | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

  5. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komputer Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar