Konsentrator

Konsentrator adalah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dalam sebuah jaringan komputer. Jenis-jenis konsentrator yang sering digunakan ialah sebagai berikut:

  • Hub
  • Switch
  • Bridge
  • Router
  • WAP (Wireless Access Point)
  • Print Server

1. Hub
Hub merupakan Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan.
Cara kerja Hub:
Ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain di hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan unjuk kerja jaringan akan lambat.
hub

2. Switch
Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data . Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub , dan Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub . Sampai saat ini besaran kecepatan transfer data tertinggi Hub adalah 100 Mbps . Sementara Switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps .

Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC ( Network Interface Card ) . Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima . Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision ) antara port satu dengan yang lain .

HP V1810-8G 8 Port Gigabit Switch

3. Bridge
Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan . Bridge mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan teratur.

Cisco-Linksys WET54G Wireless-G Ethernet Bridge

4. Router
Router juga merupakan penghubung dalam jaringan komputer . Sama seperti Hub dan Switch , Router juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer paket data dari satu port ke port yang lain . Perbedaannya adalah , Switch dan Hub cenderung digunakan sebagai penghubung dalam jaringan lokal / LAN ( Local Area Network ) , sementara Router dibuat sebagai alat perluasan dari jaringan LAN ke jaringan WAN dan MAN . Router digunakan dalam  jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP . Router jenis ini disebut IP Router . Router digunakan untuk memperluas jaringan data yang kecil ke jaringan yang luas . Contohnya dari jaringan LAN , oleh Router diperluas menjadi jaringan berbasis Internet .

royt

5. Wireless Access Point (WAP)

WAP adalah perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (contohnya laptop dan ponsel) untuk terhubung ke jaringan Wifi, bluetooh atau perangkat lainnya. Wireless Access point pada umumnya dihubungkan ke router melalui jaringan kabel dan dapat digunakan untuk saling mengirim data antar perangkat wireless dan perangkat kabel pada jaringan.
Hotspot merupakan salah satu penerapan Wireless Acces Point (WAP) yang paling umum dimana klien nirkabel dapat terhubung ke internet tanpa memperhatikan jaringan tertentu yang telah mereka sambungkan saat itu. Di kota-kota besar atau di daerah tertentu hotspot umumnya disediakan dalam taman rekreasi, sekolah, restoran, caffe, atau daerah publik lainnya yang kiranya banyak orang untuk dapat terus tersambung ke jaringan internet.
WAP
6. Printer Server
Printer Server , adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan computer klien melalui jaringan , dan dapat menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai.
printserver

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Kumpulan Tugas. Tandai permalink.

2 Balasan ke Konsentrator

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pak Lukman Faruk, ST | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

  2. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komputer Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar