Protokol Komunikasi Komputer Terapan Jaringan (USB)

Pengertian USB

Menurut bahasa, Port USB terdiri dari dua kata, yang pertama Port adalah tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya kekomputer, kemudia USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dengan makna lain dapat dikatakan standar interface sebuah device,dengan kata lain pengertian dari Port USB adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral)seperti scanner, printer,mouse, keyboard, alat penyimpan data (zipdrive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita.

Sejarah dan perkembangan USB

USB atau yang lebih dikenal sebagai Universal Serial Bus adalah sebuah jalur koneksi serial elektronik yang diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan segala macam device yang bersifat eksternal.USB merupakan teknologi standart bus Serial untuk antaramuka peranti yang membenarkan perhubungan pada soket antaramuka tunggal. Ia juga dibuat untuk meningkatkan keupayaan Plug and Play dengan status piranti  connect dan Disconnect tanpa perlu ‘reboot’ Hot Swapping pada komputer.Pada awalnya USB diciptakan untuk menghubungkan Smart Phone dengan Personal Computer (PC), namun pada akhirnya penggunaannya berkembang bahkan sampai kepada device seperti mouse, printer, speaker, MP3 player, dll.

GENERASI USB

1. USB 1.0 (1995) yang ditawarkan kepada pengguna adalah pada kadar kecepatan hanya 1.5Mbit/s (kecepatan-rendah) dan 12Mbit/s untuk kecepatan tinggi. Pada generasi ini di kenal beberap versi : USB 1.0 FDR: Dilancarkan pada November 1995, pada tahun yang sama Apple menggunakan piawaian IEEE 1394 dikenali sebagai FireWire. USB 1.0: Dilancarkan padaJanuari 1996. USB 1.1: Dilancarkan pada September 1998.

Kelebihan USB 1.0
1. Spesifikasi data rata-rata 1.5 Mbit/s (Low-Bandwidth) dan 12 Mbit/s (Full-Bandwidth)  ini adalah kecepatan yang sudah sangat tinggi pada masanya.

Kekurangan USB 1.0
1. Tidak tersedia dalam ukuran yang sangat panjang dan belum bisa diperpanjang

usb 1.0

2. USB 2.0 (April 2000) yang memperkenalkan kecepatan 480Mbit/s (kecepatan tinggi)untuk pemindahan data. Ia merupakan teknologi yang banyak kita gunakan masa kini. TeknologiUSB yang paling digemari adalah teknologi USB flash drive. Sebuah teknologi memory yang benar-benar ada karena kebutuhan pasar. Dengan kapasitasnya yang besar, ukuran yang kecil,serta kecepatan yang baik, USB Flash drive banyak diminati oleh masyarakat. USB Flash drive berfungsi sebagai media penyimpanan yang portable. Walaupun tidak sebesar external harddrive tetapi dengan ukurannya yang kecil,teknologi ini menjadi semakin banyak peminatnya.USB 2.0: Diperbaharui pada Disember 2002.

Kelebihan USB 2.0
1.Memiliki kecepatan bandwitdh hingga 480 Mbit/s [60 MB/s] (disebut “Hi-Speed”) ini adalah kecepatan yang sangat tinggi mampu mengalahkan kecepatan USB 1.0 pada masanya.
2. Telah support dengan port us ukuran mikro seperti pada kamera digital/ handphone.

Kekurangan USB 2.0
1. Panjang kabel USB 2.0 hanya mencapai 5 meter. (kekurangan ini bisa ditangani dengan menambahkan USB Hub)
2. Suplai daya untuk perangkat USB 2.0 maksimal 500 mA, sementara untuk perangkat 3.0 mencapai 900 mA.

usb 2.0

3. USB 3.0 (November 2008) memberi kecepatan 10 kalilipat lebih tinggi dibanding USB 2.0.Bayangkan bagaimana keadaaannya apabila teknologi USB 3.0 memindahkan data pada kecepatan bukan satu tetapi sepuluh kalilipat berbanding spesifikai USB yang anda gunakan sekarang.

Kelebihan USB 3.0 :
1. tidak diperlukannya pasokan daya tambahan untuk penggunaan hard disk eksternal.
2. suplai daya untuk perangkat USB 2.0 maksimal 500 mA, sementara untuk perangkat 3.0 mencapai 900 mA.
3. Hal yang baru di USB 3.0, host-controller akan terhubung ke perangkat yang tepat ketika akan menuliskan data pada USB flashdisk. Sementara itu, USB 2.0 mengirim data ke semua perangkat de­ngan cara polling – tak soal apakah perangkat tersebut tepat atau tidak.

Kekurangan USB 3.0
1. tidak (belum) ada dukungan sistem operasi. Sementara ini, Anda harus meng­install driver tambahan dari vendor tersebut. Namun, Microsoft melakukan perbaik­an: Dengan SP1 , Windows 7 akan mendukung USB 3.0.
2. USB 3.0 telah mensupport kesemua kemampuan yang ditawarkan oleh UBS 1.0 dan USB 2.0, namun dengan kecepatan yang super, namun dengan kecepatan yang super ini sayangnya bru sedikit perangkat yang telah mensupport, karena selain perngkat yang telah USB 3.0, Host controller atau PC jg harus dilengkapi USB 3.0 pula.

usb 3.0

Tipe Port USB

USB yang sering kita temui adalah jenis konektor USB seriA. Walaupun konektor USB selain seri A jarang ditemui,namun sebenarnya masih terdapat beberapa jenis konektor USB. Perbedaan konektor-konektor ini hanya untuk devaisUSB, karena untuk port USB di CPU hanya menggunakankonektor seri A. Konektor Tipe B biasa ditemui pada printer atau scanner, sedangkan konektor tipe mini B baik yang 4 pin atau tipe mini B 5 pin banyak digunakan untuk kamera digital.. Berikut adalah beberapa gambar konektor USB. Alat-alat yang merupakan USB device adalah Flash disk, MP3 player,  Harddisk eksternal, kamera digital, mouse dan keyboard USB, USB Hub.

 portjenis

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Kumpulan Tugas dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Protokol Komunikasi Komputer Terapan Jaringan (USB)

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pak Lukman Faruk, ST | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

  2. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komputer Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar